Monday, November 11, 2013

Puasa Asyura' : puasa pembersih dosa

[ Ceramah Fiqh ] Berpuasa adalah cara mendekatkan diri kepada Allah, Allah menilai orang yang berpuasa secara personal tidak ada satupun yang mengetahui besarnya pahala berpuasa, hanya Allah yang memberikan kisaran jumlah pahalanya, puasa 'asyura sudah dikenal sejak sebelum datang, tema ini sudah pernah saya posting dengan judul 'Asyura 1 hari untuk tiga agama, silahkan dirujuk ke sana. Pada posting kali ini akan menunjukkan sebagian dalil keutamaan puasa 'asyura yang jatuh pada hari Kamis 14 Nopember 2013, keutamaan puasa 'asyura sangat besar, puasa asyura: puasa pembersih dosa setahun yang lalu, adapun hadits yang di maksud adalah :

Puasa 'Asyura setingkat dibawah puasa Ramadhan
Dari Abu Hurairah ra, Rasul saw bersabda:
أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلَاةُ اللَّيْلِ
“Paling puasa setelah Ramadlan ialah puasa di bulan Muharram, dan paling utama setelah shalata fardhu, ialah shalat malam.” (HR. Muslim no. 1163)

Dari Abu Qatadah Al Anshari -radhiallahu anhu- dia berkata:
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah ditanya mengenai puasa pada hari ‘Asyura`, beliau menjawab: “Ia akan menghapus dosa-dosa sepanjang tahun yang telah berlalu.” (HR. Muslim no. 1162)
saking afdhalnya puasa 'asyura hingga puasa ini paling diincar oleh Rasul saw selain puasa bulan ramadhan, begitulah salah satu riwayat dari 'Aaisyah

Puasa 'Asyura sudah dikenal sebelum Islam
كَانَ يَوْمُ شُعَرَاءَ تُعِدُّهُ الْيَهُودُ عِيْدًا قَالَ النَبِيُّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمْ فَصُوْمُوْهُ أَنتُمْ.
Dulu hari Asyura’ dijadikan orang Yahudi sebagai hari raya. Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Puasalah kalian.” (HR. Al Bukhari)

puasa 'asyura sudah di kenal sejak dahulu sebelum islam datang, sebagaimana hadits di atas dan hadits-hadits lain yang tersebar di beberapa kitab hadits, contoh Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari. Ketika tiba di Madinah, Rasulullah melihat orang-orang Yahudi berpuasa pada hari ‘Asyura. Beliau bertanya: “Puasa apa ini?" Mereka menjawab: “Sebuah hari yang baik, ini adalah hari dimana Allah menyelamatkan Bani Israil dari musuh mereka, maka Musa berpuasa pada hari itu sebagai wujud syukur.” Maka beliau bersabda: “Aku lebih berhak terhadap Musa daripada kalian (Yahudi), maka kami akan berpuasa pada hari itu sebagai bentuk pengagungan kami terhadap hari itu.” (HR Bukhari)

No comments:

Post a Comment