Tuesday, December 31, 2013

Dzikir Ibadah Istimewa

Dzikir adalah suatu tindakan atau ucapan baik dengan lisan yang tumbuh dari dalam hati yang paling dalam, bisa berupa penyebutan asma Allah atau kalimat thoyyibah lainnya. Termasuk dalam kategori dzikir adalah membaca Al Qur’an. Penulis sendiri memberikan pengertian yang lebih luas, bahwa dzikir juga bisa dilakukan dengan perbuatan, semua aktifitas kasat mata yang mempunyai dampak untuk mengingat Allah disebut juga sebagai dzikir. Dzikir sangat dianjurkan bagi orang orang beriman: 

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا. وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلًا. هُوَ الَّذِي يُصَلِّي عَلَيْكُمْ وَمَلَائِكَتُهُ لِيُخْرِجَكُمْ مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ وَكَانَ بِالْمُؤْمِنِينَ رَحِيمًا.
Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang. Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman. (Al Ahzab: 41-43)

Dalam ayat di atas nampak jelas bahwa dzikir ibadah yang tak terbatas, semakin banyak berdzikir maka semakin baik, tidak hanya tak terbatas oleh waktu tetapi juga tak terbatas oleh waktu. Kapanpun baik sore maupun petang, siang ataupun malam boleh melakukan dzikir. Pendek kata Dzikir ibadah istimewa.

Orang yang berdzikir lakasana orang yang selalu hidup, hatinya selalu berpelukan dengan dzat yang maha hidup yaitu Allah swt. Sebaliknya orang yang sering meninggalkan dzikir hatinya menjadi mati mudah terseret oleh hawa nafsu untuk berbuat maksiat. Kunci agar supaya selamat adalah dzikir dalam segala hal dengan menyesuaikan aktifitas yang dikerjakannya. Seluruh dunia ini dilaknat oleh Allah kecuali Dzikir dan belajar dan mengajar, pendek katan semua dilaknat manakala didalamnya tidak ada prinsip dzikrullah dan ta’lim

الدُّنيا ملعونَةٌ ملعونٌ ما فيها إلاّ ذكرَ الله وما والاَه، وعالمٍ أو مُتعلّم (رواه الترمذي وابن ماجه
Orang bersdikir adalah orang yang hebat, karena ia menyatukan dirinya dekat kepada Allah, bahkan Allah sebagai temannya. Teman yang paling setia, tidak hanya di dunia tetapi sampai di akhirat kelak.

أَنَا جَلِيسُ مَنْ ذَكَرَنِي (الديلمى
Aku bersama dengan orang yang dzikir kepadaku
Anak, isteri, famili adalah teman setia dalam suka dan duka, tetapi hanya sebatas dalam hidup, bayangkan apabila kita sudah mati. Jangankan tidur bersama, duduk disampingnya saja sudah tidak mau. Kesetiaan Allah tidaklah demikian, Allah selalu menemani hambanya sampai ke surga bagi orang beramal baik, maksudnya teman dalam tanda kutip. Karena itu wajar jika kita katakan bahwa dzikir ibadah istimewa

1 comment:

  1. youtube-watch-myself - videodl.cc
    video-watch-myself youtube-watch-myself | videodl.cc youtube mp3

    ReplyDelete